Minggu, 08 Desember 2013

Tidur Dapat Membersihkan Otak Dari Racun


TIDUR DAPAT MEMBERSIHKAN OTAK DARI RACUN

 
Kalangan peneliti dari Amerika Serikat baru saja mengumumkan hasil risetnya tentang sistem pembuangan racun yang dilakukan oleh tubuh manusia pada saat tidur.
Menurut hasil penelitian mereka, ketika manusia mencapai kondisi tidur yang baik, otak memberikan perintah ke seluruh bagian tubuh untuk melakukan pembersihan dan mencuci bersih semua racun yang masuk kedalam tubuh dan otak.
Hasil penelitian ini menyatakan, sel otak diketahui menyusut selama pemiliknya tidur, dan mengurangi aktivitas yang berhubungan dengan ingatan. Hal itu memberikan kesempatan bagi cairan pembersih untuk masuk dan memcuci semua bagian sekaligus mengeluarkan racun yang terdapat di bagian otak.
"Otak memiliki energi yang terbatas dan harus memilih dua fungsi setiap harinya," jelas Maiken Nedergaard, salah seorang anggota peneliti. Untuk melakukan uji coba, kalangan peneliti menggunakan sample otak tikus, yang berhasil enunjukkan bahwa sistem pemersihan terlihat sepuluh kali lebih aktif pada saat tikus sedang tidur. Sel-sel otak diketahui menyusut selama tidur dan memberikan ruang dalam jaringan otak, untuk memungkinkan lebih banyak cairan pembersih yang masuk dan menghalau semua racun.


0 komentar:

Posting Komentar